Minggu, 21 September 2014

The Amazing 22th: Ultah edisi KKN-PPL


Mungkin postingan wajibku di blog ini adalah tentang ulang tahun. Kenapa? Karena buatku, ulang tahun itu suatu momen penting yg luar biasa harus dirayakan dengan rasa syukur. Karena, usia 22 tahun itu bukan waktu yg sebentar. 22 tahun itu waktu yang sangat lama yg telah diberikan oleh Allah SWT dengan berbagai suka dukanya. Asalkan kita bisa dan tau serta pintar caranya bersyukur, dipastikan usia kita kita sependek apapun pasti akan menjadi usia yang penuh berkah. Amin :)
Taun ini, ada banyak sekali perubahan yang terjadi saat aku ulang tahun. Kenapa? Karena taun ini bertepatan pula dengan KKN-PPL. Dan kebetulan saat itu aku memutuskan utk merantau. Ya padahal Cuma merantau 5 kilometer dari rumah. Ahahaha. Tapi tetep aja lah ya, ulang tahun yang gak ada bapak-ibuku. Ulang tahun yg gak bisa ketemu adik-adikku. Itu hal yang beda. Tapi, aku merasa harus banyak bersyukur juga hari ini. karena aku punya keluarga baru. Yaitu keluarga KKN-PPL.
        Pertama, aku punya 20 orang saudara baru dari 5 fakultas dan 9 jurusan yang berbeda. Mau aku sebutin satu-satu? Ya, ibu kandungku: annisa. adik tiriku: atun. suamiku: ridho. istri maduku: irma & icha. ibu mertuaku: aurita. simbah mertuaku: fafa & moza. kakak iparku: satria. adik iparku: primy, sigit, &putri. anak tiriku: feni & alfi. keponakanku: diar & roro. ibu besanku: putri & yani. kakak besanku: anich & iksan. Mereka semua teman-temanku di tempat PPL. Di MAN Yogyakarta II :)
        Kedua, aku sekarang punya murid. Dan murid-murid pertamaku dalam sejarah adalah X MIA 1, X MIA 2 dan X MIA 3 MAN Yogyakarta II. Masing2 ada 24 murid. Jadi total mereka semua adalah 72 murid pertamaku. Mungkin aku gak apal mereka satu-persatu. Tapi, aku gak akan lupa sama kenangan ttg mereka :)
        Ketiga, aku juga punya sahabat baru. Mereka adalah Pemuda RW 13 Ngadiwinatan Ngampilan Yogyakarta. Siapa mereka? Ya, mereka adalah tuan rumah di tempat aku KKN. Aku mungkin juga gak apal semua nama mereka. Aku Cuma inget mas krisna, mbak linda, ijuk, piun, toni, fikri, nana, ardi, sakti, danang, tia, dan tentu saja deva. Maaf yg gak aku sebutin. Semuanya masih teringat di hatiku kok. Hehehe.
        Ya, dan hari ulang tahunku sangat bertepatan erat dengan mereka. Pagi hari yang cerah tanggal 2 September 2014. Aku bangun pagi seperti biasanya di basecamp RW 3. Lalu ke sekolah. Sebelumnya ketemu bapakku, tp bapakku Cuma nganterin rok dan gak bilang apa-apa. ah, mungkin bapakku lupa . oke, lanjutkan aktivitas.
        Hampir setengah hari tapi gak ada sesuatu yg spesial. Siangnya aku berniat mau ikut sigit ngajar di X MIA 2. Dan inilah kejutan pertama. Waktu itu aku ada di luar kelas, eh beberapa anak2 X MIA 2 keluar. Mereka bergerombol dan berebut mengucap selamat ulang tahun ke aku. hiyaaaaa, aku mulai terharuuu. Belum lagi salah satu dari mereka, namanya afrah, menyodorkan kertas asturo yang isinya ucapan ulang tahun dari seluruh anak X MIA 2, aku itung ada 24 ucapan. Hmmm, ternyata semua anak ngasih ucapan ultah ke aku. ehemmm, terharu :’)
        Aku nahan nangis waktu itu, malu kalo mau nangis di depan muridku. Aku nyuruh mereka masuk kelas lg, lanjut pelajaran. Trus aku pindah ke kelas X MIA 1, kelasnya sigit lagi. Baru masuk beberapa langkah, sama kyk di X MIA 2 td, anak2 X MIA 1 langsung ngajak salaman ngucapin ultah. Aku kecolongan dpt cipiki dari muridku yg namanya alib -_- Rame bgt pokoknya, aku sampe gak enak sama sigit yg waktu itu statusnya lg ngajar di X MIA 1. Hehehe. Belum selesai salaman sama semuanya, mereka sekelas lalu menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Ehemmmm, aku terharu lagi. Kalo yg skrg udah gak nahan lg pokoknya. Setelah aku minta mereka utk duduk dan dengerin pelajaran, aku nangis bombay di belakang kelas. Mukaku aku tutupin pake kertas asturo dari X MIA 2 td plus dikamuflase sama primy dan roro. Terharu tingkat dewa :’)
                Nah, itu tadi kejutan dari murid-muridku. Waktu itu udah siang dan saatnya pulang sekolah. Seperti biasanya juga, aku langsung ke bale RW 13, katanya mau ada rapat. Jadi tanpa rasa curiga sedikitpun, aku ke sana. Awalnya mereka kayak serius ngomongin proker gitu. tapi tenyata, awwwwwww, aku di iket di tiang samping bale RW -_- mana ngiketnya kenceng bgt (tanganku memar sampe 2 hari setelah itu). Setelah diiket, aku di kasih telur, tepung dan cairan entah apa. mereka ngluarin kue ultah, dan mreka semua nyuapin aku satu-persatu. Wedyaaan, aku dijejeli kue ultah yg penuh krim. Jane mbleneg, tp krna itu wujud cinta mereka, aku makan suap demi suap dari mereka. Tapi itu belum berakhir. Orang2 macam mas krisna, mbak linda dan deva mulai berulah. Aku di jejeli bakso goreng, trus diminumi youC 1000, trus disuapin bakso, trus minum air putih, trus disuapi siomay, trus yang terakhir susu coklat -_- semuany aku makan karena kalo gak kumakan, makanan2 tadi di tumpahin ke badanku. Hweeek -_-. Tapi sekali lagi, ini wujud cinta dari mereka. Jadi walopun disiksa kyk gitu, aku terharu dan saat itu juga aku menangis terharu :’)
                Aku gak masalah dibilang cengeng. Karena aku waktu itu beneran terharu. Mereka, klompok KKN 238, aku baru kenal berapa bulan? Pemuda RW 13, mereka malah lebih bentar kenalnya. Tapi mereka meluangkan waktu dan tenaga mereka utk ultahku. Aku merasa bener2 di sayangi sama mereka. Aku merasa keberadaanku di tengah2 mereka selama ini ada wujudnya. Yah, aku seneng dgn wujud perhatian mereka yg anarkis itu. Hahahaha :P
                Selesai dipermainkan, mereka kabur semua karena aku ngejar mereka. Tapi gak apa2, aku punya cara membalas mereka. Jas almamater mreka kan di bale, aku usap2 di tubuhku, biar kena bauku juga. Hahaha. selesai dari itu, aku baru dpt sms dr bapak ibuku, ucapan ultah. Ehemm, dua org terpenting dalam hidupku. Mereka cikal bakal munculnya diriku. Maaf ya bapak ibu, aku hari itu gak pulang :’)
                Pulang dari RW 13, perutku bergejolak karena kekenyangan. Aku pulang ke RW 3. Di sana banyak org, krna emang mereka juga barusan ada proker. Mereka ngobrol2, aku disuruh nganterin primy ke kamar. Oke aku manut. Tapi eh begitu aku keluar, lampu mati dan ada nyanyian selamat ulang tahun plus lilin di atas omelet telur dan mie. Ehemm, ini kejutan keempat utk hari ini. dan aku menangis keempat kalinya utk ini. mereka, klompok KKN 239 yg sebenernya bukan kelompok KKN ku, tapi mereka juga meluangkan waktu utk ultahku. Mereka sempet bikin omelet yg ditulisi “IRHAM” pake saos juga. Mereka semua aku suapin satu persatu dan suapan pertam utk abi ku. Pokoknya semua harus kenyang kayak aku. Hahaha.
                Apa yg aku pikirkan hari itu? “AKU INI SIAPA SIH??”. Aku Cuma seseorang yg biasa saja. Tapi ternyata mereka semua memperlakukan aku dengan luar biasa. Teman-teman KKN-PPL ku, KKN 238 dan 239, X MIA 1 & X MIA 2, Pemuda RW 13 Ngadiwinatan. Aku ini hanya org yg tidak terlalu berarti bagi kalian. Tapi kalian membuatku merasa menjadi orang yg lebih berarti hari itu :’)
                Terima kasih utk semua kenangannya. Waktu aku nulis ini, KKN-PPL udah selesai dan aku udah 3 hari gak ketemu kalian. Aku skrg sedang berlatih hidup tanpa kalian yg udah mewarnai hariku selama 2 bulan terakhir ini. semoga apa yg pernah terjadi diantara kita, sama-sama bisa jadi kenangan baik utk kita semua ya. Sukses utk kita semua di jalan kita masing-masing. Aku ingin berdoa, “Ya Allah, bahagiakan orang-orang yg telah membahagiakanku. Berikan kebaikan utk mereka seperti saat mereka memberi kebaikan utk ku. Keluarga dan sahabat-sahabatku”. Amin ya rabbal alamin

Tidak ada komentar: