Senin, 20 Agustus 2012

FMIPA: Sekedar Tempat untuk Kuliah


FMIPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kampus yang terkenal religi. Kampus yang dikenal intelek, tertib, dan woooow banget. Trus, apa yang salah dengan FMIPA? Kesalahannya, aku kuliah di FMIPA dan fakultas itu sama sekali gak cocok denganku. Hahahaha. Kalo di luar FMIPA, aku jarang dikenali  sebagai mahasiswa FMIPA. Aku justru merasa senang kalo ada yang ngira aku anak FIK atau FBS :p
            Bukannya aku mau bilang salah fakultas, bukan gitu kok. Pendidikan Biologi FMIPA UNY itu pilihan pertamaku. Cita2ku guru biologi. Jurusan itu sama sekali bukan tempat yang salah. Itu pilihanku.  TAPI, inilah yang saya rasakan.
            Waktu OSPEK, FMIPA sangat hening. Yel-yel dikit banget. Gak boleh ada euforia apapun. Setiap habis yel-yel harus diem. Gak boleh ikut ngombak kayak fakultas lain. Pas display UKM gak boleh nyoraki UKM. Padahal yang namanya maba kan gumunan. Ekspresi kami sangat di batasi. Saat itu rasanya aku pengen pindah fakultas. Aku iri sama FBS yang bisa nyanyi2. Iri sama FIK yang bisa yel-yel terus. Sumpah, jujur, waktu itu aku bener2 berharap kalo aku bukan anak FMIPA.
            Untuk itu, aku memutuskan untuk ‘melepas’ imej FMIPA-ku.(tsaaaaahh) Anak FMIPA jarang ikut UKM Univ. Sekalinya ikut paling UKM kerohanian. Oke, jd awal maba itu aku daftar SERUFO, SAFEL, bahkan hampir ikut UNSTRAT juga. Hahaha. Tapi ketiganya itu gak jadi, dan akhirnya ikut MENWA. Sudah kuduga, pas awal2 itu gak ada anak FMIPA di MENWA. Tuh kan. Tapi justru itu yg bikin aku tambah semangat. Pengen membuktikan kalo anak FMIPA juga bisa ikut UKM Univ khususnya MENWA.
            Selanjutnya yang baru2 ini terjadi. Panitia OSPEK. Aku gak ikut OSPEK Fakultas. Karena aku tau suasana FMIPA. Hening. Aku yakin nantinya di GOR juga diem. Ujung-ujungnya ekspresiku pasti di batasi. Aku pengen jadi koor lap. Tapi aku yakin, di FMIPA gak bakal ada yang namanya koor lap cewek (padahal FBS ada).
Makanya aku ikut Panitia Display UKM 2012. Dan WOW!!!! Inilah tempat yang saya cari. Tempat di mana terdapat ratusan orang-orang asik. Berangkat rapat boleh pake kaos, sandal jepit, dll. Kalo di FMIPA pasti gak boleh. Semua orang di UKM asik-asik lah. Saya ucapkan terima kasih yang teramat sangat untuk MENWA Pasopati yang telah mengantarkanku ke sana. hahahaha. Dan pas di GOR, aku bisa menggila sesuka hatiku. Tanpa perlu mengingat bahwa aku anak FMIPA. Aku merdeka di UKM. Aku bukan anak FMIPA, aku mahasiswa UNY :’)
Maka, aku memutuskan. FMIPA hanya sekedar tempat untuk kuliah. Aku akan mencari ijazah di FMIPA, mengejar cumlaude dari FMIPA, mendapat bekal mengajar dari FMIPA. Tapi aku mau aktif di UKM di luar FMIPA, mencari pengalaman organisasi di luar FMIPA, menemukan kreativitas di luar FMIPA, dan kalo bisa jodohku juga dari luar FMIPA ya. Hahahaha :D
Sekian! Untuk para mahasiswa FMIPA sepertiku, tetap semangat. Lebarkan sayap kalian, jangan cukup berhenti di FMIPA saja. Keluarlah dan buatlah perubahan. Dan semoga FMIPA tumbuh menjadi fakultas  yang menghargai APAPUN kreativitas mahasiswanya. Peace :p

Follow me @beckblues

Tidak ada komentar: