Minggu, 06 Januari 2013

Ada yg salah dengan MENWA?

MENWA itu apa? gampangnya MENWA itu Resimen Mahasiswa. resimen itu artinya prajurit. jadi simpulkan saja sendiri artinya.

ini sekarang aku nulisnya lagi pake emosi. emosi terpendam, dan tadi sore disulut lagi, jadi meluap-luap lagi. berawal dari aku nyari brivet tadi sore di kompleks AAU (Akademi Angkatan Udara). entah kenapa yg jual (dan gak cuma 1), mereka memandang aneh kami (aku sama susi). koyo ra tau weruh MENWA wae, biasa mbak, santai. terbukti kalo mereka gak tau MENWA itu apa.

ajaran kami mengadopsi dari militer. kami militer tapi seperti bukan militer. padahal di lambang kami masih ada simbol TNI- AD, AL, AU lengkap beserta POLRI. menandakan bahwa kami adalah anak kalian. tapi skrg udah bukan ya? mulai beberapa taun terakhir ini, MENWA udah bukan di bawah mereka lagi. skrg atasan langsung kami adalah rektor. skrg kami adalah UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa. sama seperti kegiatan2 lain di universitas. sebenernya kami gak papa, kami gak keberatan. tapi ya tolong hargai kami seperti kalian menghargai UKM-UKM lain. kami juga mahasiswa, sama seperti mahasiswa lain. tapi kok gitu ya?

dulu aku gak terlalu merasa sih, cuma setelah aku ikut LKMM sama pelatihan UKM sehat yang diadakan univ ku, aku jadi tau pandangan orang tentang kami. bahkan ada seorang dosen pengisi materi yang menurutku leluconnya keterlaluan (kebetulan dia dosen biologi, dosenku sendiri). aku udah hapal, sejak jaman LKMM sampe UKM-sehat, beliau terkesan 'mengejek' MENWA. tapi oke, semua seisi kelas ketawa semua. aku juga waktu itu ikut ketawa, nyenengke uwong kan opo salahe, biar puas semua orang yg ada di situ. temen2 dari UKM lain ketawa semua, tanpa mereka tau, aku ketawa tapi sebenere dalam hati dendam kesumat nyumpah-nyumpah.

aku paling inget waktu dosen itu menertawakan seragam kami. seragam kami yg hijau itu. emange ngopo to? masalah? seragam yang kalian semua tertawakan itu, beda maknanya buat kami. dapetnya susah. direwangi munggah ketuk merapi cuma buat ngambil brivetnya. direwangi merayap dan di guling-guling di parangtritis cuma untuk dapet baretnya. ah, tapi kalian gak tau.

awalnya aku dulu merasa kalo pake seragam MENWA itu keren. tau gak? nganggo sragam kui ki abot yo. sak penake. aku embuh ngopo gak bisa lupa sama pak dosen sama temen2 UKM yg waktu itu ikut ngetawain sragamku. dikiro gampang po? aku merasakan sendiri bedanya pas aku pake sragam sama pas enggak. misalnya pas ospek univ, maba kan agak kacau. tiba2 PKnya FIS 'komplen' ke aku. alasannya karena aku pake sragam. sedangkan sie keamanan ospek yg asli sragamnya kan sama kyk panitia lain, jd susah dicari. sama juga ceritanya kyk pas Display UKM, ada yg kameranya ilang pas display, trus lapornya ke aku. alasannya sama juga, karena aku pake seragam. sedangkan keamanan display yg asli juga susah dibedain sama panitia lain. ngono kui lho, dikirane gampang po nganggo seragam kui? cobo kowe2 ki do ngrasakke dadi kene. tapi ternyta mung lucu to?

memang, anggota kami sedikit. nggak kayak UKM lain. kami juga gak pernah ada prestasi yang jelas. nggak kayak UKM olahraga yg bisa urun medali emas perak perunggu, nggak kayak UKM seni atau penalaran yang karyanya jelas dan bisa dinikmati orang lain. tapi ya tolong dihargai lah. setiap UKM pasti punya tujuan masing2, kami juga. kami sudah bukan anak TNI dan POLRI lagi, tapi kenapa di universitas kami sendiri juga tidak dihargai? kami juga mahasiswa universitas ini, kami juga bagian dari 37 UKM yang ada di universitas ini, di seragam kami juga ada identitas universitas ini. tapi?

cukup, aku nulis banyak di sini juga gak banyak bikin perubahan. ya semoga MENWA bisa lebih baik lagi. mungkin kekurangan itu memang dari kami. doanya saja semoga bisa dirubah sedikit demi sedikit pandangan tentang kami. hufsss, astaghfirullah hal adzim.

Widya Castrena Dharma Siddha!!!!!

Tidak ada komentar: