Rabu, 30 Januari 2013

NOVEL itu....


Novel. Udah banyak yg tau, ini barang apa. buku? Jelas. Lebih pantes disebut buku tebel. Karena biasanya novel itu tebel (padahal gak semua). Mungkin banyak yg heran ya, kenapa bisa kuat baca buku setebel itu. Bukunya aja bisa diukur tebelnya. Kalo novel itu empuk, bisa buat bantalan tidur. nah, aku, sebagai orang yang tahan baca novel, mau meluncurkan alasan kenapa novel itu cetar membahana. Dan ini agak aku bandingin juga sama filmnya. Kan biasanya novel bagus trus ada filmnya kan. Oke. Siap. Ini --->>>>
#  Imajinasi
Mungkin ini juga alasan kenapa aku lebih suka baca novelnya ketimbang nonton filmnya. Imajinasi. Kalo di film, udah tersedia gambar dan adegan, kita tinggal nonton. Tapi di novel, ketika Cuma disebutkan deskripsi situasinya, tokohnya, adegannya, kita sebagai pembaca mau gak mau pasti otaknya ikut membayangkan kondisi yang digambarkan di novel itu. Dan tiap orang pasti imajinasinya beda2. Dan, imajinasi itu tak terbatas. Kita bisa membayangkan adegan paling sederhana sampai yg rumit. Aku pernah salah imajinasi. Kok bisa? Aku baca novel Hunger Games, udah sampe puluhan halaman, aku membayangkan settingnya kolosal, vintage, gitu. eh tapi kok lama2 nyebut kabel listrik, TV, kamera, ah ternyata aku salah imajinasi. Hahaha. Makanya sering film itu juga bikin pembaca gak puas. Kenapa? Karena imajinasinya beda sama sutradara filmnya. Hahaha.

#  Detail
Dengan wujud yang tebel gitu, otomatis yg disampaikan juga lebih banyak. Misalnya Harry Potter. Novelnya yg kelima ada 1200 halaman. Aku baca itu kira2 6 hari tp pake berhenti. Dan filmnya Cuma 2 jam kurang lebih. Jelas kan kalo di novel lebih detail. Apapun pasti ada di novel :)

#  Banyak quote yg bisa di inget
Film juga bisa sih. Tapi kalo aku sendiri, susah mengingat kata2 yg diucapkan. Kalo di novel kan udah tertulis. Jadi gampang dan tinggal di salin. Dan udah jelas gak akan salah kata2nya :D

#  Kepuasan tersendiri bagi pembaca
Ini yang penting. Misalnya waktu aku baca novel Harry Potter. Novel yg paling tipis, itu udah tebel. Nah lho. tapi aku saking senengnya sama novel ini, hampir semuanya udah aku baca lebih dari sekali. Yang 1 sampe 3 udah aku ulang ratusan kali. Yg 4, 5 sama 6 udah aku baca 2x. 3 novel ini ada sekitar 800-1200 halaman. Cuma yg ke-7 yg baru aku baca sekali. Dan aku gak bosen baca berkali-kali. Novel indonesia yg aku baca berkali-kali Cuma 1, Ayat-ayat Cinta. Ya itu tadi alesannya, kepuasan. Kalo udah baca, gak cukup Cuma sekali. Asiknya tetep gak berkurang. Hahahaha.

Nah, jadi bagi yg masih merasa novel itu untouchable, hilangkan perasaan itu. Coba aja baca novel yang genrenya kalian suka, gak harus yg tebel. Yg tipis dulu, lalu bayangkan, pasti ketagihan pengen baca terusannya. Secara gak langsung dan gak niat ngapalin, pasti kita jadi apal isi novelnya kalo kita baca pake perasaan. Ciyuss. Misalnya Harry Potter lg nih. Aku jadi apal sama semua nama tokoh Harry Potter, nama tempat yg digunakan, nama hewan atau makhluk aneh di Harry Potter. Dan itu udah di luar kepala. Ibuku sampe bilang “Andai novel Harry Potter itu buku pelajaran, kamu pasti udah paling pinter sedunia”. Hahaha. Tapi sayangnya kalo aku baca buku pelajaran, jarang pake perasaan, jadi ya gak ada yg nyantol. Hahaha
Sekian sekian. Intinya, ayo membaca. Gak harus novel deh. Komik juga bagus. Lebih sakti lagi kalo mau baca buku pelajaran. Hahaha

@beckblues

Tidak ada komentar: